Weekly Trends
Jerman dan 8 Istana Dalam Dongeng

Jerman dan 8 Istana Dalam Dongeng

Trendtalking.com - Jerman yang terkenal sebagai salah satu negara dengan teknologi yang sangat maju juga terkenal sebagai negeri asal dongeng. Dongeng-dongeng seperti Ariel, Putri Salju, Hansel dan Gretel, Gadis Berkerudung Merah, dan lain-lain ini adalah kumpulan dongeng terkenal yang berhasil diangkat oleh Grimm Bersaudara yang berasal dari Jerman.

Tentunya kamu pernah mendengar dongeng-dongeng tersebut atau mungkin pernah menceritakannya kembali ke adik atau kerabat dekatmu yang notabene lebih muda dari kamu. Bahkan, mungkin kamu pernah menonton versi film kartunnya yang banyak diangkat oleh Disney. Dongeng-dongeng tersebut sangat identik dengan istana terutama dalam cerita-cerita dengan tokoh putri cantik seperti Rapunzel, Cinderella, dan Putri Tidur.

Di Jerman, istana-istana indah tersebut tidak hanya ada dalam dongeng, loh. Bangunan-bangunan megah itu memang benar ada dan masih terawat sampai sekarang.

Yuk kita cari tahu istana apa saja sih yang ada di negara asal Grimm Bersaudara ini.

1. Istana Mespelbrunn

mespelbrunn

Istana dengan aliran air yang indah ini terletak di hutan Spessart, sekitar 50 KM dari Frankfurt, di dalam lembah sunyi di daerah luar kota Lower Franconia. Istana ini ternyata pernah digunakan untuk pembuatan film berjudul Das Wirthaus im Spessart pada tahun 1958 yang berdasarkan salah satu dongeng Jerman.

 

2. Istana Burghausen

Burghausen

Terletak di Sungai Salzach yang dekat dengan perbatasan Austria, Istana Burghausen ini adalah istana dengan benteng terpanjang di Eropa. Di istana ini terdapat enam halaman, beberapa menara dan gerbang, kebun, kapel dan ruangan dalam yang dilindungi yang digunakan para keluarga adipati Bavaria sebagai tempat tinggal kedua.

 

3. Istana Heidelberg

Heidelberg

Istana ini berasal dari abad ke-13 dan sekarang sudah dalam bentuk reruntuhan. Walaupun tempat ini telah banyak hancur oleh perang, api, dan petir, bangunan istananya masih tetap ada dan banyak wisatawan yang berkunjung ke istana yang terletak di kota terbesar ke-5 di Jerman ini. Dari istana ini kamu bisa melihat kota Heidelberg di bagian utara Baden-Württemberg.

 

4. Istana Lichtenstein

lichtenstein-castle-ryan-wyckoff

Dengan bergaya neo-gotik, Istana Lichtenstein pernah menjadi benteng bagi para kesatria Lichtenstein, loh. Istana ini terletak di Negara bagian Baden-Württemberg, di jurang tebing berbatu dan menghadap ke Honau, di Alpen, Swiss. Lokasinya yang terpencil di daerah pegunungan membantu menjaganya jauh dari kerusakan dan bangunan ini masih milik Adipati Urach hingga saat ini.

 

5. Istana Eltz

eltz-castle

Keluarga Eltz adalah pemilik dari istana ini dan sudah 33 generasi menyebut istana ini sebagai rumah. Untuk sampai di istana ini, kamu perlu melakukan pendakiansederhana selama 45 menit dari stasiun kereta Moselkern karena letaknya yang berada di puncak bukit. Lelah setelah pendakian ini akan terbayar ketika kamu melihat keindahan istana dengan  gaya abad pertengahan lengkap dengan sejumlah koleksi antik, lukisan, dan senjata yang ada di sini.

 

6. Istana Hohenzollern

Hohenzollern

Walau pernah dihancurkan dan dibangun kembali dua kali, istana ini kemudian direstorasi pada akhir abad ke-19 dan tetap pada bentuknya yang sekarang. Keluarga kerajaan Prusia adalah pemilik istana ini. Uniknya, di menara setinggi 855 meter yang ada di istana ini berkibar sebuah bendera yang sudah ada di posisi tersebut sejak abad ke-11. Sudah lama sekali bukan? Istana ini terletak dekat dengan perbatasan Swiss di kaki bukit Alpen, Swiss.

 

7. Istana Sigmaringen

Sigmaringen

Benteng yang sudah ada sejak abad ke-11 ini sudah pernah jatuh di tangan beberapa orang dan pernah menjadi tempat kedudukan Vichy Perancis. Sekarang, istana ini dimiliki oleh salah satu keluarga Hohenzollern. Istana ini sekarang sudah menjadi tempat koleksi porselen, baju baja, kendaraan, dan alat-alat penyiksaaan zaman perang di Eropa dulu.

 

8. Istana Neuschwanstein

neuschwanstein

Tempat ini sebenarnya bukan sebuah istana, hanya saja bangunan megah ini adalah karya dari Raja Ludwig II Bavaria yang eksentrik yang diilhami dari istana peradaban tengah dari dongeng-dongeng yang ada. Istana Putri Tidur (Sleeping Beauty) yang berada di Disneyland saat ini pun desainnya terinspirasi dari bangunan Istana Neuschwanstein, loh.

Kalau kamu ke Jerman, jangan lupa untuk berkunjung ke istana-istana indah para putri cantik dalam dongeng ini, ya!

About Ipi

Ipi
Editor | Germany Literature Student at Padjadjaran University. Sharing mostly on Lifestyle and Seputar Mahasiswa section.
Sharing Pendapat Yuk Disini!
Scroll To Top